Sedekah tanpa uang? bisa.. caranya?

Aduh, buat makan aja susah.. gimana mo sedekah.

Aduh, uang gaji abis buat bayar cicilan, ga cukup buat sedekah…

Well.. sekarang tidak lagi.. ternyata ada banyak cara utk bersedekah, bahkan tanpa perlu keluar uang sedikit pun.

Krn ga perlu pake uang, alias gretong.. berarti anda bisa melakukannya sebanyak-banyaknya.
Dan dengan semakin banyak anda bersedekah, maka semakin Allah ridho, dan insya Allah, semakin LUASSSS pula rejeki anda..amin…

Salah satu cara bersedekah tanpa uang yg diajarkan Rasulullah saw ini adalah spt tulisan di bawah ini:

*Diambil dari : Buletin Bulanan Majelis Taklim Nurul Iman Cempaka, Edisi VII/Tahun I/Agustus -2009 M/1430 H* (thanks to mba Dewi atas emailnya)

Jika ada orang berkata : “hidup ini penuh dengan kesedihan dan kemurungan”
Mari kita jawab : “ Tersenyumlah”!
( Biarkan kemurungan hanya ada di langit yang sedang mendung )

Tersenyum itu sama sekali tidak berat namun banyak gunanya. Saat hati kita sedang gundah gulana penuh kesedihan dan kecemasan, akan terasa lebih ringan bila kita tetap tersenyum. Lebih-lebih apabila kita tersenyum ada orang yang membalas senyum kita, makin terasa indah hidup kita karena kita telah menebarkan bahagia pada sekitar kita. Bahkan dengan tersenyum mungkin kita kan menemukan pintu keluar dari kesedihan yang melanda hati kita.

Menurut Stephen Gazzel “Senyum adalah suatu keharusan dalam bermasyarakat”. Dalam pergaulan hidup bersama orang lain, kita harus bersikap baik. Bersikap baik dalam kehidupan bermasyarakat dapat diartikan bahwa kita dapat menempatkan diri, pandai membawa diri, dan menyesuaikan diri dengan situasi kondisi dalam masyarakat.

Salah satu cara hidup bermasyarakat yang baik adalah bermuka manis, ramah dan murah senyum, karena pada dasarnya setiap orang menyukai senyuman. Saat kita tersenyum pada orang lain berarti kita telah memberikan gambaran indah tentang hidup pada mereka bahkan dapat membangun perasaan gembira yang penuh harapan yang indah.

Jika kita berhadapan dengan orang lain dengan wajah muram, masam, cemberut, jutek, menyiratkan makna tidak ada rasa kasih sayang, tidak ramah, berarti kita telah menyiksa diri sendiri dan orang lain melalui penampilan kita karena bukan tidak mungkin hal itu menimbulkan kesedihan, rasa sakit hati, amarah, kebencian, dan prasangka buruk pada orang lain.

Tersenyum adalah perbuatan yang sangat ringan untuk kita lakukan. Tidak perlu mengeluarkan uang tetapi sungguh bermanfaat bagi kita sendiri ( agar tetap berbahagia ) maupun untuk bersama (membangun dan memperkokoh persaudaraan di antara kita).

Rasulullah SAW bersabda : “Senyum manismu adalah sedekah”.

Sedekah adalah salah satu kebaikan. Ini berarti bahwa dengan memberikan senyum yang tulus pada orang lain kita melakukan salah satu kebaikan.
Sedangkan kebaikan itu akan mendapatkan balasannya, seperti yang telah difirmankan Allah SWT. dalam Q.S. Al Zalzalah 7-8 yang artinya:

“Maka barang siapa mengerjakan kebaikan sebesar zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya”.

Semoga kita termasuk orang yang ringan melakukan kebaikan.

Mari kita raih senyuman pagi ini dengan ucapan : “ Selamat datang! Sungguh aku merindukanmu”.
Jangan lagi menunggu bahagia dulu baru tersenyum tetapi marilah tersenyum untuk bahagia.
Semoga benar-benar bahagia !
(BY : DIAH DJAFAR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *