Darimana kekayaan berasal?

Ada banyak hal, ide, pemikiran, sebab yg melandasi pembuatan website/blog ini.
Semuanya saling silang, bercampur baur, saling menguatkan, ada jg yg menegasi.. pada akhirnya, aku memutuskan utk lanjut dan membuat website ini.
Walaupun ada keraguan dan rasa tak pede, jangan-jangan ga ada yg baca, jangan2 aku akan berhenti ditengah jalan, jangan2 yg aku tulis ga berguna, jangan2…..

Well… hari ini, jumat 11 dec 2009, saat membaca ebook yg baru saja aku beli, aku menemukan sebuah kalimat. Kalimat yang menguatkan aku. Kalimat yg meyakinkan aku utk trus menulis dan berbagi. Kalimat yg saya yakin jg bisa membuat Anda jadi Kaya Raya. Kalimat berikut ini

Wealth Comes From the Creation of Value 
—- We first heard it from John Locke, the great 18th century economist. 

Kekayaan berasal dari penciptaan nilai.

Jika anda ingin menjadi kaya raya, anda harus menciptakan lebih banyak nilai utk diri anda sendiri, utk pelanggan anda, utk keluarga anda, utk tetangga anda, utk komunitas, utk sesama, utk masa depan.

Beri nilai tambah. Value added.

Saya menyadari bahwa website ini jg merupakan salah satu cara utk menciptakan nilai. Dengan blog ini saya memaksa diri sendiri utk rajin mencari ide, berusaha utk menangkap makna dari peristiwa dg lebih baik, memberi warna lebih terang pada pengalaman hidup, dan menuangkan semua itu dalam tulisan.
Kemudian melalui tulisan tsb, saya bisa memberi sesuatu bagi para pembaca, bisa mewarnai, menginspirasi, berbagi kebaikan.
Meski saya harus membayar utk hosting+domain web ini, tidak masalah. meski saya harus membayar utk membeli ebook/kursus/informasi, tidak masalah. krn dg demikian saya menjadikan diri sendiri lebih kaya. Jika saya tidak menulis, maka ilmu yg saya peroleh itu hanya jadi milik sendiri, tidak memberi nilai bagi org lain dan kemanusiaan. Tapi dg menulis melalui blog ini, maka saya menciptakan nilai dan membagikan nilai tsb gratis melalui blog ini.

Di tempat kerja, kita menciptakan nilai dg cara spt:
1. berusaha sebaik-baiknya melaksanakan tugas dan mencapai sasaran dg baik dan melebihi harapan perusaan (baik secara kualitas, ketepatan, maupun waktu).
2. Berbagi pengetahuan, skill, keahlian dg menolong rekan kerja yg kesulitan.
3. Melayani customer dg lebih ramah, senyum, dan membantu customer utk memperoleh keinginannya.
4. memikirkan cara2,teknik,alternatif utk mengoptimalkan proses bisnis di lingkungan kerja.
dll.

“Work harder on yourself than you do your job” (Jim Rohn)

Ketika kita benar-benar berusaha memperbaiki dan meningkatkan diri sendiri, setiap waktu, berkala… maka kita telah menjadikan diri kita sebagai manusia berlian. Kita menjadikan diri sendiri sebagai seseorang yg MAMPU utk menciptakan nilai.

Permainan kemakmuran bukanlah permainan hampa. Kekayaan tidak pernah tercipta melalui perebutan sesuatu yg menjadi milik org lain.
Kekayaan selalu datang dari perbuatan kreatif. Creative Act, yg kita mulai dari diri sendiri.
Kekayaan datang dari penciptaan nilai.

Tidakkah anda ingin melihat, bagaimana posisi anda 1 tahun dari sekarang, atau 2 tahun, atau 10 tahun dari sekarang, jika setiap bangun pagi, anda bertanya pada diri sendiri: “Bagaimana aku menciptakan nilai hari ini?”?

Ini adalah pikiran yg sederhana, sama sederhananya spt saat anda makan atau bernapas.

“Bagaimana aku bisa menciptakan nilai, menciptakan kekayaan, menciptakan nilai yg lebih baik, kekayaan yg lebih besar?”

Kita bisa menciptakan nilai setiap saat. Dan saat kita memberikan nilai tersebut ke sekitar kita, maka nilai itu pasti akan selalu kembali ke diri kita dalam bentuk yg lebih baik.

Jadi setiap kita memberi nilai tambah ke dalam kehidupan orang lain, maka kita sebenarnya jg memberi nilai tambah bagi kehidupan kita sendiri.
Dengan kata lain, anda membuat hidup anda lebih kaya. Benarkan?

Semoga aku dan Anda bisa terus produktif dan meng-create value, memberi nilai tambah bagi kehidupan. amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *